-->

10 arti kata Anu

Kata anu, sering kali digunakan oleh masyarakat kita, baik dalam suasana formal maupun non formal.Entah apa sebenarnya arti dari kata anu, namun dalam pengunaannya pada beberapa momen yang berbeda, lawan bicara yang menggunakan kata anu, tetap dapat memahami apa yang hendak disampaikan si pembicara dengan menggunakan kata anu.

Berikut beberapa penggunaan kata anu dalam beberapa situasi dan kondisi yang berbeda, dan tentunya akan menghasilkan pemaknaan yang berbeda pula.

Kata anu, berikut dalam beberapa kalimat.

1. Punten pak kulo tasek rodo anu
Ini dapat menghasilkan pemahaman bahwa si lawan bicara kita yang menggunakan kata anu, sedang dalam posisi sibuk, dalam bahasa jawa nya, ketanggungan.

2.Anu pak andeane wingi kulo tumbas gorengan 500 lha saiki kog mpun sewu
(berarti dia sedang nyang nyangan/ tawar-menawar)
Kata anu dalam kalimat ini, hanya sebagai kata awalan, entah apa maknanya, namun tetap luwes dan pantas saja dan lawan bicara pun tidak mengapa, dan tidak mengubah kalimat berikutnya.

3.Ngapunten kulo mboten saget ngAnu niku
(Berarti dia tak sanggup melakukan sesuatu pekerjaan yang ditawarkan kepadanya...alangkah baiknya cari orang lain). NgAnu, memberi makna mengerjakan sesuatu.

4.Dek sampeyan tak ngAnu aku gelem rak
(Brarti dia sedang nembak cewek)
Dalam kalimat ini, ngAnu memberi kata kiasan yang ornag sungkan mengatakannya secara langsung. Biasanya ini digunakan oleh beberapa pria di desa untuk mengungkapkan perasaannya kepada seorang wanita yang disukainya

5.Dek sanpeyan sek ngAnu opo??
(Berarti dia sedang kepo)
Dalam konteks ini, seorang menggunakan kata anu, hanya untuk berbasa-basi, sedangkan sebenarnya ornag yang berbicara ini sudah tahu keadaan lawan icaranya sedang melakukan pekerjaan apa.

6.Dek sms soko aku mbok. Nek Anu di ngAnu
(Berarti dia sedang berharap banget)
Ini sih kebangeten, menggunakan pengulangan kata anu, dalam satu kalimat. Hanya dua orang yang sedang berbicara yang dapat memahaminya.

7.Wingi kae hpmu sing rusak wis di ngAnu durung dek
(Berarti dia sedang perhatian)
Sedikit kepo, dan untuk memberikan perhatian, maksud si pengucap anu ini, sebenarnya juga sudah mengetahui kondisi seperti apa lawan bicaranya, namun untuk mengkiaskan kata sebenarnya, ia menggunakan kata anu untuk mengungkapkan apa yang ingin ia sampaikan.

8.Anu dek....mbengi iki mas rasido rono asale mas bali ngarit kesoren dadine kesel
(Berarti dia sedang pasrah)
Kata anu ini digunakan untuk menutup malu, karena sudah telanjur janji, namun untuk mengungkapkannya, ia butuh kata anu biar mulutnya bisa berucap.

9.Kang aku wingi weroh mantanmu di ngAnu cowok
( Berarti mungkin dia sedang di arai)
Wah,,wahh,,,apa lagi ini, mungkin ini sebagai ungkapan bahwa seornag ang pernah disukainya kini mulai disukai orang lain juga.

10. Mas ngko mbengi ono jadwal ngAnu rak?
(yang ini belum ketemu artinya mas..
Mbuh kui opo nganune ki nggorengi tempe, opo resik2 omah..aku ra paham)...  Ojo geri2 nesu.. Lek nesunan umure Boros.

Demikianlah ari kata anu dan penggunaan dalam berbagai macam bentuk kalimat. Terlepas ini benar atau tidaknya, ini hanya pemaknaan yang penulis buat secara pribadi, dan anda juga dapat bebad mengartikan kata anu, berbeda dengan apa yang penulis utarakan di tulisan ini.
Semoga bermanfaat...,,.!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 arti kata Anu"

Posting Komentar

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel