-->

Rawa Keris Dikembangkan jadi Lokawisata Cilacap

WANAREJA Karena dipandang memiliki potensitinggi, para pembudi daya ikan di: kawasan Rawa Keris, Dusun Cipoat, Desa Madura, Kecamatan Wanareja, menggagas pengembangan kawasan tersebut menjadi lokawisata.

Menurut Ketua Kelompok Tani Ikan Tirta Sejahtera, Kasbul. gagasan itu muncul setelah mempertimbangan kondisi rawa, populasi ikan, hingga lingkungan sekitamya. Rawa di kavvasan itu tergolong luas, men capai 35 hektare.

Selain itu, populasi ikan yang dikembangkan oleh kelompoknya, cukup beragam. Antara lain ikan gurameh, nila, mas, lele, hingga tawes.

"Dengan pertimbangan itu, maka kami pandang memiliki potensi tinggi, untuk dijadikan sebagai tempat wisata: Utamanya wisata pemancingan,": kata Kasbul, Rabu (311).

Hanya, untuk upaya pengembangan itu, pihaknya tidak bisa sendirian. Kasbul mengaku, membutuhkan peran dan perhatian banyak pihak. "?Supaya pengembangnya bisa lebih maksimal," kata dia.

Rawa Keris Dikembangkan jadi Lokawisata Cilacap




Alternatif Wisata Cilacap

Anggota Kelompok Tani Ikan Tirta Sejahtera, Ismail menambahkan, pengembangan wahana wisata itu bisa menjadi alternatif, bagi para wisatawan yang berkunjung ke Cilacap.
"Sejak dahulu kala, wisata di Cilacap itu lebih dikenal kawasan lautnya. Dengan begitu, Rawa Keris bisa menjadi alternatifnya, kata dia.

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Wanareja. Surur Hidayat mengakui. kawasan ramai yang dirnanfaatan untuk budi dm.;a ikan.itu memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan menjadi lokawisata. Apalagi ketika di dalamnya dilengkapi bera.gam fasilitas yang mendukung.

"Tentu, raxm yang seperti ini, memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan menjadi tempar wisata," katanya.
Hanya. untuk merealisasikannya tidak bisa instan. hlenurutnya, dibutuhkan pembenahan yang lebih, supaya nantinya bisa menjadi daya pik.at, sekaligus penunjang bagi perigunjung supaya nyaman,
Termasuk kaitannya dengan budi daya ikan, perlu dikembangkan lagi, dan perawatan kawasan rawa juga dimaksjrnalkgn. Nanti penyuluh bisa melakukan pendampingan," tuturnya  
Kaitannya dengan langkah  pengembangan menuju ke lokawisata, pihaknya akan berupaya melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihakpihak terkait.

Hal jtu dinilai penting untuk dilakukan, supaya arah pengembangannya bisa lebih maksimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rawa Keris Dikembangkan jadi Lokawisata Cilacap"

Posting Komentar

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel