-->

Sektor Wisata Pantai Cilacap Jadi Andalan

CILACAP - Sektor wisata di wilayah Cilacap masih menjadi andalan bagi bidang wisata Cilacap. Empat pantai utama seperti Pantai Teluk Penyu, Widarapayung, Cemara Kembar, dan Jetis, terbukti mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Dari total pendapatan wisata Cilacap pada 20l7 yang menca- pai Rp 2,5 miliar, sebesar 90% nya berasal dari pendapatan objek wisata pantai.

Dari sisi jumlah pengunjung, dalam hari tertentu, seperti libur Lebaran, dalam satu hari di Teluk Penyu, misalnya, bisa ada 5.000 pengunjung.

Jika dijadikan satu, maka pada 2017, total jumlah wisa- tawan yang datang ke objek wisata di Cilacap mencapai sekitar 4juta orang.

" Sejauh ini, objek wisata pantai masih menjadi sumber terbesar untuk pendapatan bidang pariwisata," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Cilacap, B Pamungkas.

Tidak Kalah
Dari sisi panorama pun wisa- ta pantai di Cilacap tidak kalah dengan wisata pantai di daerah lain seperti Parangtritis, Yog- yakarta.

Ombak besar yang datang bergantian, salah satu ciri pantai  yang menghadap Samudera Indonesia, menjadi faktor  penarik bagi pengunjung.

Bahkan un.tuk pantai Teluk Pe- nyu, daya tariknya kuat untukjadi des- tinasi wisata karena  berdekatan dengan objek wisata Benteng Pendem.

Benteng ini merupakan salah satu bangunan peninggalan kolonial yang menyimpan nilai sejarah tinggi.

Berdasar dari fakta seperti itu maka ke depan, objek wisata pantai kedepan akan masih menjadi  andalan  Pemkab Cilacap, dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga dan Pari- wisata Kabupaten Cilacap.

"Meski upaya urituk me- munculkan atau mengelola objek wisata lain terus dila- kukan, seperti sejumlah wisata air terjun, namun saat ini dan di waktu depan kami yakini  wisata pantai masih  menjadj wisata andalan," imbuh dia.

Meski dinilai i oleh banyak pihak capaian pendapatan dari objek wisata pantai-dinilai sudah bagus, namun oleh pihak DPRD Cilacap, capaian yang diraih oleh dinas tersebut dari wisata pantai diyakni masih bisa digenjot.

'Daerah lain bisa lebih tinggi pendapatannya dari objek pantai dibanding Cilacap. Kami yakin juga bisa," kata Wakil Ketua DPRD Cilacap,Adi Saroso.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan saat ini adalah  penambahan fasilitas di objek- obyek wisata yang ada di Cilacap seperti pada sejunilah objek wisata pantai.

Penambahan  fasilitas dipadukan dengan upaya terus menerus peningkat dan penam- bahan wahana hiburan,diyakini akan bisa mendorong bertambahnya jumlah pengunjung.Ini berarti akan ada penambahan pendapatan.

Objek wisata pantai yang dipandang bisa ditingkatkan fasilitasnya adalah wisata Pantai Teluk Penyu dan Pantai Widara Payung.

Dua objek wisata pantai tersebut selama ini menjadi dua objek utama wisata pantai.

" Pendeknya, kalau daerah lain bisa sangat besar pemasukannya dari vvisata pantai, mengapa kita tidak? Pasti bisa dan selalu ada cara,''' kata Adi Saroso.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sektor Wisata Pantai Cilacap Jadi Andalan"

Posting Komentar

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel