-->

Luar Biasa..! Potensi Zakat ASN Cilacap Capai Rp. 34 M

CILACAP - Potensi zakat dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Cilacap mencapai Rp 34 miliar per tahun. Potensi tersebut dilihat dariAPBD Kabupaten Cilacap yang menca- pai Rp 3 triliun lebih dengan anggaran untuk belanja pegawai sebesar Rp 890 miliar.   

"Kalau dari anggaran belanja pegawai diambil 2,5 persen untuk membayar zakat maka akari terkumpul dana zakat sebesar Rp 22 miliar per tahun," kata Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman ketika membuka rapat evaluasi pelaksanaan zakat, infaq dan sodaqoh yang dilaksanakan di Gedung Jalabumi, Selasa (301).  

Rapat dipimpin Sekda Farid Maruf dan dihadiri Wakil Ketuai Baznas Kabupaten Cilacap Much- sin, para kepala organisasi pe- rangkat daerah (OPD), BUMD, para camat, dan undangan.   

Wakil Bupati mengatakan, selain potensi zakat dari anggaran belanja pegawai yang mencapai Rp 22 miliar per tahun ternyata potensi tersebut masih ditambah dengan potensi zakat dari ang- garan tunjangan tambahan peng- hasilan yang mencapai Rp 117 miliar dan anggaran tunjangan ser- tifikasi guru yang mencapai Rp 360 miliar per tahun.   

"Dengan demikian, potensi zakat dari kalangan ASN yang bersumber dari anggaran belanja pegawai atau gaji, tunjangan tam- bahan penghasilan, dan tunjangan sertifikasi guru per tahun bisa mencapai Rp 34 miliar. Namun dari potensi zakat dari ASN yang mencapai Rp 34 miliar, pada tahun 20l7 yang berhasil dihimpun Baznas baru sekitar Rp 900 ju- taan," katanya. '

Wabup minta kepada Sekda Farid Maruf agar pengumpulan  zakat semakin ditingkatkan. Para ASN pun diminta membayar zakat karena dari gaji yang diteri- makan terdapat hak fakir miskin dan para mustahiq zakat yang lain.

Tersalurkan 58  %
   "Zakat yang terkumpul pada tahun 2017 sebesar Rp 1,4 miliar. Zakat tersebut baru tersalurkan 58 persen atau sekitar Rp.  837 juta.

Wakil ketua Baznaz Kab.  Cilacap,  Muchsin mengatakan,  optimalisasi pengumpulan zakat,  infaq dan shadaqah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penanggulangan kemiskinan.  Ada beberapa program lenanggulangan kemiskinan yang dilakukan Baznaz.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Luar Biasa..! Potensi Zakat ASN Cilacap Capai Rp. 34 M"

Posting Komentar

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel