-->

22 Makanan Khas Cilacap Dengan Nama-nama Yang Lucu

Makanan Khas Cilacap sebenarnya ada banyak sekali, baik yang asli dari daerah Cilacap maupun yang diadopsi dariresep luar daerah dan diberi sedikit modifikasi sedikit, tapi memiliki ke-khas-an tersendiri sebagai makanan khas Cilacap.

Makanan khas Cilacap memiliki nama-nama yang cukup asing di telinga, sehingga terkesan lucu bahkan oleh warga Cilacap itu sendiri. Ya, itulah keunikan dari Makanan Khas Cilacap yang dalam kesehariannya menggunakan Bahasa Jawa Ngapak dalam kehidupan sehari-harinya.

Makanan khas Cilacap ini sangat cocok bagi anda yang hendak memberikan oleh-oleh untuk sanak saudara yang datang dari luar daerah, karena makanan khas cilacap ini hampir tidak bisa ditemui di daerah lain.

Disamping itu, makanan khas Cilacap juga bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk memulai berbisnis, khususnya yang ingin berbisnis dan berinvestasi di sektor pariwisata, karena pariwisata Cilacap saat ini sudah mulai menggeliat.

Berikut makanan khas Cilacap yang sangat digemari dan mudah di jumpai di daerah Cilacap. Bahkan mungkin salah satu dari makanan ini menjadi Klangenan atau makanan favorit kamu.

1. Thempleng

makanan khas cilacap thepleng thempleng

Thempleng

Makanan Khas Cilacap ini juga biasa di sebut rempeyek, atau juga orang menyebutnya peyek, tapi di Cilacap ada yang menyebutnya Thempleng.

Makanan Rempeyek ini dibuat dari tepung beras, dengan bumbu-bumbu yang enak dan gurih. Rempeyek ini ada berbagai macam variasi, ada rempeyek kacang, kedele, teri, rebon dan kacang ijo.
Biasanya, rempeyek bisa kita jumpai di warung-warung dan hajatan di kampung-kampung.

2. Lanthing

makanan khas cilacap lanthing cilacap


Lanthing merupakan makanan khas Cilacap dengan bentuk lingkaran atau ada juga yang berbentuk angka 8. Makanan Khas Cilacap ini dibuat berbahan dasar singkong dan berbentuk bulat-bulat bolong ditengah.

Lanthing Rasanya gurih, renyah dan cocok sekali untuk cemilan diwaktu santai bersama keluarga, teman ataupun pacar.

Di Adipala jika anda berwisata ke Pantai Sodong atau Gunung Srandil banyak pembuat lanthing yang khas enaknya dan didistribusikan ke seluruh pelosok-pelosok Cilacap sekitarnya.

3. Mendoan

makanan khas cilacap mendowan mendoan makanan khas cilacap mendowan mendoan
Bicara daerah Ngapak, pasti tidak akan terlewat bicara mekanan khas Cilacap yang bernama Mendowan. Siapa sih yang tak kenal mendowan?

Sebenarnya, makanan mendoan ini bukan saja makanan khas milik daerah Cilacap saja, mendoan juga dapat kita temui dimana-mana disekitar Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purbalingga dan Banjarnegara.

Pembuatan makanan khas Cilacap Mendoan ini adalah dari tempe yang dibuat tipis dan lebar, lalu di lumuri adonan tepung yang sudah dibumbui dan diberi daun bawang kemudian digoreng setengah matang atau mendo.

Mendoan ini enak dinimati saat masih hangat beserta cabe rawit segar atau istilahnya “nyigit”.

4. Gembus

makanan khas cilacap gembus

Makanan Khas Cilacap berikutnya adalah Gembus, orang menyebutnya dengan sebutan yang lebih keren yaitu Donat Jawa.

Gembus terbuat dari olahan singkong atau ketela pohon, Gembus berbentuk bulat seperti donat kemudian digoreng.

Untuk mendapatkan Gembus tidak sulit, penjual gembus biasanya menjajakan gembus dagangannya di acara-acara hiburan seperti pagelaran wayang kulit, pasar malam, ebeg atau tontonan lainnya.
Gembus enak dinikmati selagi masih anget akan terasa banget gurihnya.

5. Tahu Masak

Makanan khas dari Cilacap berikutnya adalah Tahu Masak. Tapi jangan salah, makanan Tahu Masak teryata Tahunya tidak dimasak, tapi hanya dicampurkan dengan bahan-bahan sayuran lainnya dengan bumbu kacang, sehingga rasanya sangat nikmat.

Tahu masak adalah makanan yang terdiri dari tahu kotak putih yang digoreng dengan minyak sedikit, kemudian dipotong-potong di kasih irisan kobis, kupat, krupuk banggi, dan bumbu khas yang dipadu dengan kacang giling. Tahu masak ini bisa kita jumpai di pasar-pasar tradisional atau di acara-acara hiburan.

6. Tahu Brontak

makanan khas cilacap tahu berontak tahu brontak cilacap
Tahu Brontak adalah tahu yang dibelah secara diagonal, lalu tengahnya dibelah lagi dan diisi dengan sayuran seperti wortel dan kecambah dengan wamuan bumbu yang gurih, lalu dilumuri adonan tepungencer, kemudian digoreng.

Dinamakan tahu brontak, karena dari dalam tahu itu, terlihat sayuran yang berontak hendak ingin keluar dari dalam tahu.

7. Tempe Dages/ dage

Tempe dages ini dibuat dari dari ampas tahu, berwarna abu-abu danada juga yang putih, bentuknya kotak dan padat.

Pengolahan tempe dages sama seperti pengolahan pada mendowan,  rasanya enak tidak kalah nikmat dengan tempe mendoan, gurih, murah meriah dan merakyat.

Tempe dages biasanya dijual bersama dengan tempe mendoan, tahu brontak dan pisang goreng.

8. Salai Pisang

Salai Pisang terbuat dari pisang matang yang dikeringkan, rasanya manis dan gurih. Cocok untuk makanan ringan, bahkan sekarang banyak diolah berbagai variasi di goreng tepung, ditaburi coklat dan keju.

9. Rempeyek Yutuk

Salah satu makanan khas Cilacap yang terkenal adalah peyek yutuk. Yutuk adalah hewan laut yang mirip dengan kepiting atau udang. Yutuk rasanya enak, gurih dan menggoda kalau sudah menjadi rempeyek. Warnanya oranye kemerah-merahan banyak dipilih karena unik. Yutuk ini banyak kita jumpai di daerah pantai seperti Widarapayung dan sekitarnya.

10. Brekecek

Brekecek makanan Khas Cilacap yaitu Pathak Jahan atau disebut juga kepala Ikan Jahan. Seninya menikmati brekecek adalah dengan menyeruput kepala jahan atau pathak ikan tersebut. Brekecek ini kepala ikan jahan dimasak dengan bumbu-bumbu serupa dengan rica-rica, namun tentunya berbeda dengan rasa didalamnya.

11. Krupuk Tengiri

Krupuk Tengiri ini terbuat dari bahan dasar ikan Tengiri. Bentuknya bulat dan berwarna kecoklatan, rasanya sangat gurih, dan terasa banget ikan tengirinya. Krupuk Tengiri ini, bisa kita buat cemilan ketika nonton tv ataupun sebagai teman makan nasi atau soto.

12. Karedok

Karedok diadobsi dari daerah Banjarsari Jawa Barat. Tapi, di Cilacap Karedok sudah menjadi tradisi. Mungkin didasari karena Cilacap berbatasan langsung dengan Jawa Barat.

Karedok terbuat dari sayuran yang masih mentah, wortel, kobis, mentimun, kacang panjang dan kecambah. Kemudian sayuran tersebut disiram atau dicampur dengan bumbu sambal kacang, ditaburi krupuk banggi atau ditambah dengan tahu ataupun ketupat.

13. Sea Food Pantai Teluk Penyu

Nah, jika kamu berwisata ke Pantai Teluk Penyu Cilacap,  jangan lupa untuk menikmati beraneka macam masakan sea food. Rasanya nikmat dan mantap, di racik dengan bumbu yang pas dan pastinya lezat. Harganya pun terjangkau dan lokasinya berada di pinggiran Pantai Teluk Penyu Cilacap.

14. Kripik dan Stik Sukun

Cilacap selain terkenal kaya dengan hasil lautnya, juga mempunyai produk unggulan dibidang pertanian yaitu Sukun. Di Cilacap, Sukun diolah menjadi kripik dan stik.

Kripik Sukun berbentuk tipis, sedangkan stik sukun berbentuk persegi panjang.  Diolah dengan digoreng, rasanya enak dan gurih.

15. Cethil atau Cenil

Cethil terbuat dari pati singkong, diolah berbentuk bulat-bulat atau kotak-kotak, dan diberi warna sesuai selera. Cenil ini dimakan dengan kelapa, ditaburi dengan gula pasir atau gula jawa.

16. Lopis

Lopis merupakan jajanan pasar yang rasanya legit dan manis. Kue Lopis ini terbuat dari beras ketan dibungkus daun pisang dan dikukus.

Rasanya sangat nikmat, karene penyajianya dilumuri saus gula merah beserta kelapa parut. Kue Lopis ini bisa kita jumpai dipasar-pasar tradisional di Cilacap dan sekitarnya.

17. Lepet

Lepet terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang dililit-lilit dengan janur kuning. Di Cilacap, lepet disuguhkan ketika acara tujuh bulanan wanita yang sedang hamil.

Lepet menjadi hidangan atau sajian di acara selamatan. Ada mitos, kalau lepet nya rasanya asin berarti bayi yang dikandung laki-laki dan kalau lepetnya tidak asin bayinya perempuan.

Nggak tau juga sih benar apa nggak nya….

18. Mi Ayam

Mi ayam Cilacap banyak dipengaruhi oleh masakan Cina. Mi nya berwarna putih dengan sawi yang direbus, ayam dan kuahnya dipisah. Biasanya ditambah sendiri dengan saos tomat, kecap dan sambal serta krupuk pangsit. Rasanya enak, nikmat dan gurih.

19. Mi Goreng dan Nasi Goreng

Mi goreng dan nasi goreng Cilacap terkenal karena rasanya yang gurih dan enak. Bumbu-bumbunya sangat berani. Mi nya terbuat dari mi kriting atau mi nya lebih kecil sehingga tidak eneg.

Siapapun yang menikmatinya pasti ketagihan. Mi goreng dan nasi goreng ini biasa kita jumpai di mana-mana.

20. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja merupakan soto yang khas wilayah Banyumas dan sekitarnya. Ada soto babat, soto daging sapi dan soto ayam. Biasanya terdiri dari soun, toge, krupuk banggi, kobis, ayam, babat, daging, lontong atau nasi dengan kuah yang kental berwarna kecoklatan dan sambel kacang atau sambal cabe.

21. Kripik Tempe

Kripik tempe ini termasuk salah satu khas Banyumas namun juga termasuk makanan khas Cilacap.

Kripik tempe ini seperti tempe mendoan, tapi digoreng kering sampe renyah atau kriuk, bahasa kerennya crispy.

Bentuknya tipis warnanya coklat, rasanya nikmat, renyah dan gurih. Cocok buat cemilan, dimakan dengan nasi atau buat oleh-oleh.

Rasanya sangat enak dan lezat. Biasanya dinikmati dengan tempe mendoan atau krupuk mireng.

22. Manggleng

Makanan Khas Cilacap yang ke duapuluh dua adalah Manggleng. Menggleng terbuat dari ketela pohon yang dipotong-potong seperti balok kecil, lalu diberi bumbu garam dan ketumbar sehingga grih, dan dimatangkan dengan cara digoreng.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa kita jumpai dan sangat di kangenin oleh sedulur-sedulur yang ada diperantauan. Salam Ngapak ora ngapak ora kepenak, ora ngapak dupak…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "22 Makanan Khas Cilacap Dengan Nama-nama Yang Lucu"

Posting Komentar

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel