-->

Kerajaan Siluman Noesatembini, Penguasa Cilacap Di Masa lampau

Jika kita berbicara tentang Cilacap di masa lampau, maka akan kurang lengkap jika kita melewatkan kisah Kerajaan Noesatembini, karena memang, Keraton Noesatembini ini adalah Kerajaan yang pernah mengusasai Cilacap di masa lampau. Lalu, seperti apa sebenarnya Keraton Noesatembini itu? Berikut ini akan kami sajikan kisah tentang Pengusa Cilacap di Masa Lalu itu.
***

JAMAN KERATON NOESATEMBINI

Alkisah, di daerah pesisir kidul (pantai selatan) yang berada di dekat pulau nusakambangan ketika itu masih berupa satu daerah hutan belantara. Daerah pantai itu dipenuhi dengan rawa-rawa yang menghutan dengan segala binatang-binatang buas yang berkeliaran di daerah hutan itu. Tersebutlah di dekat pantai selatan itu “Keraton Siluman” yang disebut dengan “Keraton Noesatembini”.
Keraton siluman ini mempunyai daerah yang amat luas membujur dari bagian timur ke barat memutar ke utara sepanjang pantai laut serta menghadap membujurnya pulau Nusakambangan.
Daerah keraton Nusatembini dilingkungi dengan “Balowarti Pring Ori Pitung Sap” (Rumpun Bambu Ori Tujuh Lapis).
Bambu ori Nusatembini Noesatembini

Dengan keadaan pagar rumpun bambu yang meliputi tujuh sap (lapisan) itu, maka daerah Keraton Noesatembini amatlah kuat sehingga sulit untuk diterobos manakala terjadi serangan musuh yang datang dari luar. Tersebutlah ketika itu, kraton Noesatembini diperintah oleh seorangRaja Putri yang bernama Brantarara.
Ratu Brantarara, adalah seorang ratu yang sangat cantik jelita, parasnya elok, sehingga tidak sedikit para raja yang mendengar kecantikan dan kemolekan Ratu Brantarara itu ingin mempersunting sebagai permaisuri.
Tapi kenyataannya, segala usaha untuk mempersunting Ratu Brantarara selalu mengalami kegagalan, hal ini dikarenakan sulitnya mencapai daerah Keraton Noesatembini, sehingga raja-raja yang menginginkan Ratu Brantarara itu tidak satu pun yang terlaksana.
Apalagi untuk mempersunting, bayangkan, untuk bertemu saja tidak bisa, bahkan sangat sulit.

*
Disebutkan pula bahwa Ratu Brantarara itu memiliki kesaktian yang luar biasa yang pada jamannya memerintah, ia mempunyai seekor kuda yang disebut dengan Kuda Sembrani.

Dengan segala kebijaksanaan serta kehalusan budi dalam memerintah, maka ratu Brantarara ini amat dicintai oleh rakyatnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Kerajaan Siluman Noesatembini, Penguasa Cilacap Di Masa lampau"

  1. Maaf admin saya ingin tahu tentang kisah Arya tilandanu, apa benar ada d kisah kerajaan ini

    BalasHapus

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel