-->

Wisata Tingkat Dewa - Menikmati Paket Wisata Gunung, Goa dan Pantai di Gunung Selok Adipala Cilacap

Gunung Selok dikenal masyarakat sebagai tempat Khayangan para Dewa di Pulau Jawa. Dari Gunung Selok, Anda bisa menikmati tiga keindahan alam gunung, goa dan pantai sekaligus.

Wisata di Cilacap selalu identik dengan hal-hal yang berbau mistis dan misterius, sebut saja Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan. Dan kali ini kita akan mengulas tentang wisata di Gunung Selok yang begitu indah, namun juga kental dengan aroma mistisnya.

Sejarah Gunung Selok

Gunung Selok ini terletak di sebuah Desa bernama Karangbenda di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Gunung Selok yang pernah membuat geger pada tahun 80-an ini memiliki cerita unik dibelakangnya. Menurut cerita masyarakat yang telah beredar, Presiden Pertama RI, Bung Karno mendapatkan wahyu mengenai Pancasila di gunung selok ini.
wisata gunung selok cilacap
Masih menurut cerita, gunung  Selok ini pada awalnya memiliki nama Junggring Seloka. Junggring Seloka adalah sebuah khayangan yang dibangun oleh para dewa, yang pada saat itu mereka sedang mennjalani masa hukuman yang diberikan oleh Tuhan agar tinggal di Pulau Jawa.

Dengan adanya mitos inilah, maka sampai sekarang tidak sedikit orang yang datang dari jauh untuk melakukan ritual doa di Gunung Selok.

Pada dasarnya, Gunung Selok merupakan wisata alam yang berisi hutan gunung, yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur.

Luas wisata alam Gunung Selok ini adalah 236,7 Ha dengan ketinggian 150km di atas laut.

Gunung Selok ini pun akhirnya terkenal sebagai tempat spiritual dengan kekuatan mistis yang kuat. Dengan adanya makam dan petilasan atau tempat untuk bersemedi, tentu membuat nuansa spiritual semakin kuat.

Maka dari itu, banyak orang yang mendatangi tempat ini dengan niat untuk melaksanakan ziarah atau juga bersemedi.

Hal yang menarik adalah, jika Anda berkunjung  ke Gunung Selok, maka anda dapat menikmati pemandangan alam tak hanya dari sekedar gunung.

Di gunung Selok yang satu ini terdapat banyak pintu yang menghubungkan ke tempat wisata lain, misalnya saja, Pantai Laut Selatan, Gunung Srandil, dan benteng peninggalan Jepang.

Menurut cerita, peninggalan tentara Jepang tersebut terdiri dari 25 benteng, namun 24 diantaranya sudah rusak. Kini yang tersisa dan masih utuh tinggal 1 buah.

Selain dari pada itu, di sekitar gunung Selok anda juga bisa menemukan kuil atau Padepokan Sang Hyang Jati.

Kuil ini berbeda dari kuil yang ada, kuil disini menganut agama Siwa-Buddha.

Jika anda belum puas dengan pemandangan tadi, di gunung selok juga terdapat gua-gua alam yang sangat istimewa.

Goa Rahayu dan Goa Ratu Gua adalah yang paling terkenal di Gunung Selok.

wisata gunung selok cilacap


Sekarang Wisata Gunung Selok juga menawarkan wahana wisata baru yang ada di puncak gunung. Bagi anak-anak muda –walaupun orang tua juga–, tempat yang biasa disebut wahana Selfie Deck ini adalah spot yang wajib dikunjungi.

Tidak mudah memang untuk sampai di tempat ini. Anda harus berjalan beberapa ratus meter menyusuri pepohonan mahoni, tapi perjuangan ini nanti  akan lunas ketika anda sudah sampai di Selfie Deck.

Wahana yang satu ini menyuguhkan keindahan alam berlatar belakang hamparan sawah, hutan, dan Samudera Hindia.

Pada spot tersebut tersedia view deck yang berada di atas pohon dan dilengkapi dengan jembatan gantung penghubung dua pohon.

Tiket masuk ke Selfie Deck ini Total Rp. 13.000, ini untuk membayar tiket ke Perhutani sebesar Rp. 8.000 dan tiket masuk ke Gunung Selok sebesar 5.000. Dengan membayar tiket tersebut, anda dapat menikmati selfie, mengambil foto sepuasnya dengan fasilitas penunjang tempat wisata yang lengkap, seperti kamar mandi, area parkir, rumah makan, dan tempat istirahat.
wisata gunung selok cilacap

Tips Berwisata ke Gunung Selok

Sebaiknya, jika anda hendak pergi ke Gunung Selok, anda menggunakan sandal gunung. Ini dikernakan kondisi jelan yang berbatu, berpasir dan becek, sandal gunung juga mampu menghindari resiko terpeleset.

Kemudian sebelum anda berangkat, pastikanlah kendaraan anda fit. Periksa kondisi rem kendaraan anda, karena keadaan jalan menuju gunung sangat naik turun dan bebatuan.

Kemudian setelah sampai di lokasi, anda harus mengikuti aturan setempat. Jagalah kesopanan, buanglah sampah di tempatnya, jangan berkata jorok, atau melakukan perbuatan tak senonoh.

Itu semua penting karena disamping memang aturan pada umumnya seperti itu, di Gunung selok merupakan tempat wisata spiritual yang banyak dikeramatkan oleh penduduk sekitar.

Menuju Gunung Selok

Untuk sampai di gunung selok, bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Tapi jika anda hendak menggunakan sepeda motor, anda sebaiknya berhati hati, karena tidak semua jalan beraspal.

Rute Menuju Gunung Selok, jika anda datang dari arah Terminal Adipala, anda berjalan kearah timur melalui jalan berkelak-kelok khas daerah pegunungan sepanjang kurang lebih 2 kilometer.

Identitas Gunung Selok

Alamat    : Karangbenda, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah
Jarak       : 6.5 km dari Terminal Adipala
Kegiatan : trekking, sighseeing, wisata goa, wisata sejarah, dan berfoto
HTM       : IDR5.000 – IDR8.000
GPS         : 7.682109,109.1784925

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Tingkat Dewa - Menikmati Paket Wisata Gunung, Goa dan Pantai di Gunung Selok Adipala Cilacap"

Posting Komentar

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel