-->

Wisata Benteng Pendem Cilacap antara Horor, Keindahan dan Kemegahan Kumpul Menjadi Satu

Wisata Benteng Pendem Cilacap terletak di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Bisa dikatakan, Lokasi Benteng Pendem Cilacap berada di pusatnya Cilacap. Benteng pendem juga berada di area wisata Pantai Teluk Penyu yang berseberangan dengan Pulau Nusakambangan.

Satu langkah seribu tujuan tercapai, ungkapan itulah jika anda berkunjung ke Cilacap. Anda akan dapat menikmati indahnya Pantai Teluk Penyu sekaligus berpetualang di Pulau Nusakambangan dan menjelajah Benteng Pendem.

Tampaknya tidak akan kecewa jika anda berwisata ke cilacap. Karena banyak sekali destinasi yang ditawarkan di sana.

Benteng Pendem Cilacap, dalam Bahasa Belanda adalah Kustbatterij op de Landtong te Cilacap, merupakan benteng yang dibangun oleh Belanda di tepi pantai Teluk Penyu kab. Cilacap, Jawa Tengah pada tahun 1861.

Bangunan ini adalah bekas markas pertahanan pasukan Hindia Belanda, yang didirikan di area dengan luas 6,5 hektare selama 18 tahun sejak tahun 1861 sampai 1879.

Benteng pendem, sebelum ditemukan, sempat tertutup oleh tanah pesisir pantai dan sangat tidak terurus.

Benteng ini lalu ditemukan, dan sejak itulah mulai digali oleh pemerintah Cilacap tahun 1986.

Dan sekarang, Pemkab Cilacap menjadikan benteng pendem ini untuk promosi tujuam tempat wisata sejarah di Cilacap.
wisata penteng pendem cilacap wisata penteng pendem cilacap.png
Hingga saat ini, bangunan benteng itu masih sangat kokoh dan dapat dilihat secara langsung oleh pengunjung.

Seluruh bangunan benteng itu diantaranya adalah:

Parit Pertahanan


Ruang Barak

 

Ruangan Barak yang ada di Benteng Pendem, dulunya digunakan sebagai tempat istirahat tentara setelah berjaga.
Pada masa setelah kemerdekaan, ruangan ini juga pernah digunakan sebagai tempat untuk tentara Peta.

Benteng pertahanan,

benteng pertahanan benteng pendem
Benteng pertahanan pada bangunan Benteng Pendem Cilacap merupakan bangunan yang masih sangat kokoh. Bangunan ini digunakan untuk pertahanan dari serangan musuh yang datang dari arah pantai.

Di depan benteng pertahanan, terdapat sebuah parit yang mengelilingi ke seluruh bangunan benteng, sehingga musuh harus melewati parit sebelum dapat memasuki benteng saat menyerang.

Benteng pengintai

benteng pengintai benteng pendem
Benteng pengintai di Benteng Pendem ini berjajar hampir mengelilingi seluruh area Benteng. Bangunan ini berbentk lorong yang terdapat lubang kecil untuk mengintai jika ada usuh yang datang.

Ruang rapat

ruang rapat benteng pendem

Salah satu ruang yang masih sangat terrawat di Benteng Pendem adalah ruang rapat. Ruangannya tidak begitu besar. Ruang ini dulunya adalah sebagai tempat untuk berkumpul para perwira dalam menyusun strategi.

Klinik pengobatan

Gudang senjata


ruang senjata benteng pendem.png
Gudang senjata di Benteng Pendem merupakan salah satu ruangan yang digunakan untuk menyimpan senjata, baik yang dipakai prajurit ataupun cadangan persenjataan jika nanti terjadi pertempuran.

Gudang mesiu


ruang amunisi benteng pendem.png
Hampir sama dengan ruang senjata, ruang amunisi juga digunakan untuk menyimpan bahan peledak untuk meriam yang digunakan untukmenyerang musuh.

Ruang penjara,

Jika anda masuk ke ruang penjara di Benteng Pendem, anda langsung terbayang betapa kejamnya penjajah Belanda dimasa lampau. Tak terbayang betapa tersiksanya warga yang di kurung didalam penjara yang begitu gelap, tanpa penerangan dan sangat sempit yang diisi dengan banyak orang di dalamnya.

Dapur

Ruang dapur tidak begitu besar, tapi berfungsi cukup penting, karena harus menyediakan logistik bagi para prajurit.

Ruang perwira

Seperti ruangan-ruangan lain di Benteng Pendem, ruangan untuk perwira juga tidak begitu besar, dan masih dengan menggunakan desain yang sama dengan ruangan lainnya.

Terowongan

terowongan benteng pendem.png
Terowongan benteng pendem, konon marupakan terowongan yang memiliki akses langsung ke Pulau Nusakambangan, meskipun sampai sekarang belum dapat di buktikan secara ilmiah, namun keyaninan ini banyak di yakini oleh sebagian warga sekitar bahwa memang di Benteng Pendem terdapat sebuah terowongan yang menghubungkan langsung dengan Pulau Nusakambangan.

Makam

Di tengah area Benteng Pendem, juga terdapat sebuah makam, terletak dibawah pohon beringin yang begitu besar. Tak terbayangkan jika malam hari, seperti apa horrornya tempat ini.

Demikianlah skilas tentang Wisata Benteng Pendem Cilacap, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Benteng Pendem Cilacap antara Horor, Keindahan dan Kemegahan Kumpul Menjadi Satu"

Posting Komentar

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel