-->

Pantai Widara Payung, Pantai 1000 Gazebo, Kenapa di namakan Widarapayung?

Wisata di Cilacap memang terkenal dengan wisata pantainya. Hampir semua orang, jika ditanya tentang wisata di Cilacap, pasti akan menjawab Wisata Pantai. Khususnya Wisata Pantai Teluk Penyu. Tapi, apakah anda tahu, jika di Cilacap itu bukan hanya ada satu pantai Teluk Penyu saja?

Ya, di Cilacap ada banyak sekali Pantai. Pada periode awal, mungkin Pantai Teluk Penyu menjadi primadona bagi masyarakat Cilacap untuk berwisata. Namun, sekarang wisata pantai di Cilacap terus berkembang sehingga menjadikan pilihan wisata di Cilacap semakin banyak.

Salah satu tempat wisata pantai di Cilacap adalah Pantai Widarapayung. Kenapa di namakan Pantai Widarapayung? Ya, jawab paling mudah adalah karena letaknya berada di Desa Widarapayung. Ini adalah jawaban dari judul artikel di atas. Simpel, padat dan jelas.

Ya, kita udah telanjur bicara Pantai Widarapayung. Jadi lanjutkan saja, apa saja yang ada di Pantai Widarapayung ini?

Tapi, sebelum bicara jauh tentang Pantai Widarapayung, ada baiknya saya lanjutkan yang tadi, bahwa Pantai Widarapayung ini terletak atau berlokasi di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.

Jarak dari Cilacap kota, jika anda mungkin dalam rangkaian wisata ke Pantai Teluk Penyu, kemudian berlanjut wisata ke Nusakambangan, dan berakhir di Widarapayung. Maka dari kota jarak tempuh normal sekitar 30-45 menit tanpa kondisi jalan macet dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Apa saja yang ada di Pantai Widarapayung

Begitu banyak wisata pantai yang ada, mungkin anda bertanya, di Pantai Widarapayung ada apa saja? Jangan-jangan sama seperti pantai-pantai pada umumnya.

Anda tidak bisa membayangkan Pantai Widarapayung tanpa datang melihatnya secara langsung. Bahkan dari cerita orang yang datang langsung sekalipun, jika Anda belum pernah ke Pantai Widarapayung ini, maka bayangan Anda tentang pantai Widarapayung pasti akan meleset.

Ini yang bisa anda nikmati jika berwisata ke Pantai Widarapayung.

Pemandangan samudra yang luas dan ombak yang menawan

keindahan pantai widarapayung
Di Pantai Widarapayung, layaknya pantai-pantai yang lain, anda dapat menikmati luasnya samudra Hindia langsung di depan mata Anda. Di pantai Widarapayung, dari kejauhan juga masih tampak Pulau Nusakambangan, sayup-sayup tampak bagaikan sebuah kapal besar di tengah lautan.
berselancar pantai widarapayung

Pantai ini, karena menghadap langsung ke Samudra hindia, ombaknya begitu mengasyikkan dan menantang untuk bermain selancar, anda tidak perlu bingung untuk bermain selancar, karena di tempat ini sudah banyak yang menyewakan papan selancar, jadi Anda tidak perlu membeli papan selancar sendiri.

Tempat berrenang yang aman bagi anak-anak.

renang anak pantai widarapayung
Wisata ke Pantai, akan kurang lengkap jika tidak berrenang, tapi berrenang di pantai laut lepas seperti Widarapayung akan sangat berbahaya bagi anak-anak. Oleh karena itulah, di Pantai Widarapayung terdapat tempat berrenang buatan, khusus untuk anak-anak yang ingin bermain air, jadi orang tua tidak perlu khawatir jika anak-anaknya ingin berrenang.

1000 Gazebo di tepi pantai

gazebo pantai widarapayung gazebo pantai widarapayung
Gazebo adalah tempat untuk bersantai. Duduk-duduk bersama rombongan atau berdua dengan kekasih yang ada di tepi pantai widarapayung. jumlah 1000 adalah kiasan yang saya pakai karena saya tidak bisa menghitungnya secara pasti. yang jelas, begitu banyak gazebo di tepi pantai yang bisa anda gunakan untuk menikmati angin di pagi atau sore hari menghadap ke laut.

Live Music

live music pantai widarapayung
Pengelola Wisata di Cilacap memang begitu serius mengurus wisata di daerahnya. Khususnya di Pantai Widara payung, pada saat-saat tertentu, anda akan melihat panggung live music yang disediakan oleh pengelola.

Disamping live music dari pengelola, terkadang live music juga diselenggarakan oleh kelompok-kelompok atau klub otomotif yang mengadakan kegiatan di Pantai Widara payung. Jadi, jika Anda beruntung, anda bisa bertemu artis Ibukota saat berkungjung ke Pantai Widarapayung.

Lahan Parkir yang Luas

Terkesan sepele memang, ya, lahan parkir memang tidak ada kaitannya secara langsung dengan keindahan wisata pantai. Namun, kenyamanan di area parkir akan menjadi salah satu pertimbangan orang berkunjung ke suatu tempat. Lahan parkir luas dan teduh, serta aman dari tindak kejahatan, menjadikan kegiatan wisata anda begitu menyenangkan.

Tiket yang terjangkau.

Harga tiket yang terjangkau merupakan daya tarik sendiri bagi objek wisata rakyat, tidak terkecuali di Pantai Widarapayung. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Widarapayung, anda hanya perlu mengeluarkan uang 10 ribu rupiah per orang. Begitu murah bukan, bahkan lebih murah dari satu paket nasi kotak.

Wisata Berkuda

naik kuda pantai widarapayung

Bagi anda yang belum pernah sama sekali naik kuda, dan kebetulan memiliki kesempatan bekrunjung ke Pantai Widarapayung, jangan lewatkan untuk menikmati naik kuda yang ditawarkan warga setempat.

Saya yakin, sangat jarang orang bisa naik kuda secara langsung, sensasinya sangat menyenangkan jalan-jalan naik kuda menyusuri pantai.

Penginapan

Bagi wisatawan yang datang dari jauh, jangan khawatir, karena disekitar Pantai Widarapayung juga sudah ada banyak disediakan tempat untuk menginap. Jadi anda bisa beristirahat untuk melepas lelah selepas melakukan perjalanan jauh dari daerah Anda.

Makanan yang lezat, sehat dan alami

yutuk makanan khas pantai widarapayung
Rempeyek Yutuk
Penjaja makanan disekitar pantai Widarapayung sangat menjaga kebersihan makanannya. Disamping bersih, makanan di sini juga memiliki citarasa yang lezat, gurih dan tentunya alami, karena Widarapayung termasuk wilayah pedesaan yang mayoritas masyarakatnya bertani, jadi yang dimasak dan di jual adalah hasil dari kebun mereka yang ditanam sendiri di pekarangan rumah, sehingga sangat aman untuk kesehatan.

Adapun jenis-jenis makanan yang terkenal di Pantai Widarapayung adalah Rempeyek Yutuk, pecel, mendowan. Jika anda menikmati ketiga makanan ini secara bersamaan disiang hari, saat anda melepas lelah selepas berrenang dipantai, saya jamin, anda akan menghabiskan dua porsi sekali makan, karena begitu lezat dan menggugah selera.

Penjual oleh-oleh dan cinderamata

Berkunjung kesuatu daerah, akan sangat kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh atau cindera mata. Di pantai Widarapayung, anda dapat dengan mudah menemukan penjual oleh-oleh ini, dari makanan khas daerah cilacap sampai dengan accesoris kerajinan warga masyarakat sekitar, dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Tips untuk berwisata ke Widarapayung

Jika anda hendak pergi berwisata ke Pantai widarapayung, tips dari saya pribadi, jangan di hari minggu atau hari libur, karena kondisinya sangat padat dan sangat ramai. Ini sih cuman yang saya rasakan, karena saya tidak begitu suka dengan keramaian yang berlebihan.

Karena saat hari minggu atau hari libur panjang seperti lebaran, hampir diseluruh pantai akan penuh dengan lautan manusia, sehingga suasana berlibur menjadi kurang mengasyikkan.

Datanglah di pagi atau sore hari, karena udara pantai tidak terlalu panas dan pemandangan langit akan semakin indah di pagi atau sore hari.
tips wisata ke cilacap pantai widarapayung
Bawalah alat dokumentasi seperti kamera untuk mengabadikan kegiatan berlibur di pantai widarapayung yang indah ini.

Untuk bisa semakin akrab dengan warga masyarakat sekitar, yang melayani anda, ada baiknya anda menguasai Bahasa Jawa Kromo alus, atau bahasa Jawa Ngapak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pantai Widara Payung, Pantai 1000 Gazebo, Kenapa di namakan Widarapayung?"

  1. I really appreciate this wonderful post that you have provided for us. I assure this would be beneficial for most of the people. best hot tub gazebos for sale

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Wr.Wb, Jika di daerah Binangun Cilacap / Daerah Pantai Widara Payung ada SSB / Tim sepak bolanya, Mohon informasikan melalui Inbox Facebook DISINI. Kita membutuhkan sparing dan persahabatan, Terima kasih sebelumnya, Salam Olahraga..

    BalasHapus

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel